Kelas Inspirasi Siswa Seni di PKBM Dewi Fortuna, Klaten

Blog Single

SAHABAT KELUARGA - Tanggal 22 Agustus 2016 jam 16.00 tepat, kami menerima kehadiran Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo, S.Sos, MAP Kepala BASARNAS RI bersama para deputi dan staff dengan sangat membanggakan beliau dapat hadir bersama kami di Omah Wayang PKBM Dewi Fortuna dan bersedia menjadi narasumber dalam kelas inspirasi bagi anak saya yang tergabung dalam kelas dalang anak omah wayang Klaten.

Kegiatan kelas inspirasi ini pertama kali disampaikan Pak Apriyanta pengelola PKBM Dewi Fortuna pada saat rapat komite orang tua siswa dalang anak  sebagai upaya memberikan semangat bagi anak-anak kami dalam hal belajar seni pedalangan, karena beliau adalah salah satu Jendral yang juga memiliki hobby pewayangan, kami orang tua menyatakan setuju dan sependapat untuk bisa menghadirkan beliau.

Acara sederhana kami gelar dengan diikuti oleh peserta gabungan dari siswa dalang anak dan siswa kejar paket B sejumlah 50-an peserta. Bertempat di ruang kelas dan panggung terbuka. Acara berlangsung sangat menyenangkan, didahului dengan laporan pengelola PKBM tentang Pendidikan Keluarga, kemudian pemutaran film profil pak Bambang yang menceritakan perjalanan sekolah dan karirnya sebagai seorang perwira tinggi TNI.

Kemudian ceramah beliau menceritakan tentang hobbynya mendalang. Bagaimana belajar menjadi dalang, bagaimana mencontoh prilaku dan sikap teladan tokoh pewayangan, hal ini membuat anak-anak merasa bangga dan termotivasi.

Kemudian dilanjutkan tanya jawab yang berlangsung cukup meriah, santai dan banyak guyonan. Ditutup dengan ajakan dengan mengundang khusus semua peserta hadir di pagelaran wayang kulit yang akan dimainkan oleh beliau di Gedung Sunan Pandanaran Klaten.

Undangan tersebut tentu saja disambut meriah oleh kami. Karena dalam pertunjukan tersebut dihadiri seluruh muspida Klaten dan pejabat militer beliau Pak Bambang menyatakan bangga terhadap kami. Satu yang kami catat bahwa beliau mengatakan “Kelas inspirasi semacam ini  merupakan wujud apresiasi dan sarana menggali inspirasi baru bahwa pendidikan keluarga dan pendidikan budaya harus sejalan untuk bersama-sama memperjuangkan kepentingan kemanusiaan utamanya penanggulangan Bencana”

Kami sebagai orang tua sangat berterima kasih kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang memfasilitasi kegiatan ini, semoga menjadi awal PKBM untuk terus menjadi sumber Inspirasi banyak orang :) (Fransisca Ernawati, Orang Tua Murid dalang anak Kelompok Belajar Omah Wayang PKBM Dewi Fortuna Klaten)