SMK Ma'arif 1 Kebumen Implementasikan Ekosistem Pendidikan

Blog Single

SAHABAT KELUARGA – Sejak dua tahun terakhir ini, Direktorat Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah merumuskan dan meluncurkan konsep Ekosistem Pendidikan dari tingkat TK sampai dengan tingkat SLTA.

Ekosistem Pendidikan merupakan sinergitas ketiga jalur pendidikan baik Formal, Non Formal maupun Informal menjadi satu kesatuan langkah dan gerak dalam pendampingan peserta didik.

Sebagai satu sekolah pilot project  Ekosistem pendidikan di Kebumen, SMK Ma’arif 1 Kebumen telah merumuskan dan akan segera mengimplementasikan 4 program utama Ekosistem Pendidikan yang meliputi; Program Hari Pertama Masuk Sekolah, Program Parenting Kelas, Program Kelas Inspiras dan Program Pentas Seni disetiap akhir semester.

Program hari Pertama Masuk Sekolah pada SMK Ma’arif 1 Kebumen, diimplementasikan dalam bentuk kegiatan Rapat Komite Sekolah yang diikuti oleh seluruh orang tua atau wali bakal calon peserta didik baru.

Dalam rapat tersebut kemudian disosialisasikan, dijelaskan, ditegaskan dan dibahas tentang berbagai hal, antara lain Paket, Sistem dan Model Pembelajaran, Tata Tertib Sekolah, Biaya Sekolah dan berbagai jalur atau peluang beasiswa atau keringanan biaya sekolah serta Penandatanganan Berita Acara tentang kesiapan kerjasama, pendampingan dan pembinaan peserta didik selama belajar di SMK Ma’arif 1 Kebumen.

Program Parenting Class atau kelas orang tua pada SMK Ma’arif 1 Kebumen, diimplementasikan dengan membentuk dan mengangkat ‘Komite Kelas’. Pembentukan Komite Kelas dilaksanakan oleh setiap wali kelas masing-masing.

Struktur kepengurusan Komite Kelas terdiri dari Penanggungjawab, Pengarah, Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara, dan anggota dengan ditindaklanjuti Surat Keputusan Komite Kelas yang diterbitkan oleh Kepala Sekolah.

Kegiatan dan pertemuan rutin Komite Kelas dirumuskan dan diputuskan oleh masing-masing Komite Kelas yang bersangkutan. Tempat pertemuan rutin Komite Kelas dapat dilaksanakan di rumah orangtua atau wali peserta didik secara bergantian dengan salah satu orang tua atau wali berprestasi secara bergantian menjadi pemateri atau narasumber inspirasi.

Program kelas inspirasi, pada SMK Ma’arif 1 Kebumen, diimplementasikan dalam bentuk pemberian kesempatan kepada orangtua atau wali berprestasi untuk menjadi pemateri atau narasumber inspirasi pada pertemuan Komite Kelas dan diimplementasikan pula dalam bentuk pengelompokan peserta didik kelas XII berdasarkan minat pasca lulus SMK.

Pengelompokan minat dimaksud meliputi; kelompok minat bekerja, kelompok minat melanjutkan studi dan kelompok minat berwirausaha setelah lulus SMK. Pembinaan dan pendampingan terhadap kelompok kelas inspirasi tersebut, dilaksanakan oleh Unit Kerja Bimbingan Karir (BK) dalam bentuk kegiatan sebagai berikut:

1. Kelompok kelas inspirasi minat bekerja, pendampingan dilaksanakan dengan model pemberian motivasi, peluang dan persyaratan memasuki dunia kerja dengan mengundang Dinas Tenaga Kerja, HRD dari berbagai industri, dan  motivator terkait.

2. Kelompok kelas inspirasi minat melanjutkan studi, pendampingan dilaksanakan dengan model pemberian motivasi, peluang dan persyaratan  memasuki Perguruan Tinggi dengan mengundang Civitas Akademisi dari sejumlah Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Konsultan Studi Lanjut ke Australia, dan motivator terkait.

3. Kelompok kelas inspirasi minat berwirausaha, pendampingan dilaksanakan dengan model pemberian motivasi memulai dan mengembangkan berwirausaha dengan mengundang pelaku bisnis, wirausahawan dan motivator yang relevan lainnya .

Program Pentas seni di setiap akhir semester pada SMK Ma’arif 1 Kebumen, akan dihadiri oleh peserta didik beserta orangtuanya, pamong dan tokoh masyarakat desa/kelurahan yang bersangkutan. Berkenaan dengan saat ini, SMK Ma’arif 1 Kebumen memiliki siswa berjumlah 80 kelas atau rombel (Rombongan Belajar), maka  program Pentas Seni akan diimplementasikan dalam bentuk kegiatan yang tersebar di 80 masjid di desa/kelurahan dengan penjelasan sebagai berikut:

- Pada setiap akhir Semester Gasal, Program Pentas Seni dilaksanakan dalam bentuk kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW atau seni baca Al-Barjanji, dan pembagian raport. Pada akhir Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017 ini, SMK Ma’arif 1 Kebumen akan melaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW atau seni baca Al-Barjanji di 80 Masjid atau Mushola di 80 Desa atau Kelurahan, yang tersebar di 6 kecamatan, meliputi: Sruweng, Pejagoan, Kebumen, Buluspesantren, Alian dan Poncowarno.

Pelaksanaan kegiatan ini telah direncanakan, dipandu dan dipimpin oleh masing-masing wali kelas yang bersangkutan. Pelaksanaan Program seni baca Al-Barjanji akhir semester ini akan dilaksanakan pada hari Ahad, tanggal  18 Desember 2016 bertepatan dengan tanggal 18 Robi’ul Awal 1438 H.

- Pada setiap akhir Semester Genap, Program Pentas Seni ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan Mujahadah, pembacaan Sholawat Nariyah dan pembagian raport Semester Genap. Rencananya kegiatan ini juga akan dilaksanakan di 80 masjid atau mushola sebagaimana pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebelumnya pada akhir semester gasal.(Drs. H. Khomsin, M.Pd – SMK Ma’arif 1 Kebumen)