Inilah Bentuk Keterlibatan Orang Tua di Sekolah

Blog Single

SAHABAT KELUARGA-Sudah jelas dan pasti, bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anaknya berdampak positif. Dampak itu akan sangat terasa pada tahun-tahun pertama anak bersekolah, yakni saat anak-anak membangun identitasnya sebagai pembelajar. Dampak positif itu akan terus berlanjut di jenjang pendidikan berikutnya.

“Anak jadi semangat untuk pergi ke sekolah, semangat mengerjakan PR dan tugas-tugas sekolah, serta punya kepercayaan diri untuk terus belajar, “  kata Matthew R Sanders, PhD., pendiri Parenting and Family Support Centre, Universitas Queensland, Australia, pada Seminar Nasional Pendidikan Keluarga, di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin, 25 Juli 2016.

Dampak lain, lanjut Sanders, anak-anak juga terhindar dari perilaku yang bermasalah, seperti bullying, bolos, atau malas. Anak-anak juga akan memiliki keterampilan sosial, antara lain rajin membantu, toleran, dan kesetiakawanan yang tinggi.

Dampak lanjutannya, menurut Sanders, juga akan diperoleh lembaga pendidikan dimana anak-anak itu bersekolah. “Otomatis, ketika prestasi anak meningkat, maka tingkat kelulusan di sekolah itu akan tinggi. Untuk jenjang SMA, jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi juga meningkat, “katanya.

Pertanyaannya, bagaimana bentuk konkrit keterlibatan anak di sekolah. Mengutip Joyce Epstein, Sanders menyebutkan:

  1. Mempersiapkan anak sekolah (Menyiapkan seragam, sarapan, dan buku-buku);
  2. Berkomunikasi aktif dengan guru dan staf sekolah;
  3. Menjadi sukarelawan /membantu kegiatan sekolah;
  4. Membimbing proses belajar anak di rumah;
  5. Berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di sekolah (Jika diminta);
  6. Melakukan advokasi;
  7. Berkolaborasi dengan masyarakat sekitar. Yanuar Jatnika