Hari Keluarga Nasional, Menguatkan Peran Keluarga sebagai Sekolah Karakter Pertama bagi Anak

Semarang – Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2024 yang jatuh pada Sabtu 29 Juni kali ini dirayakan secara meriah dengan mengambil tema Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas. Puncak acara Harganas digelar di Lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang melalui serangkaian acara Pameran Harganas, Gelar Dagang UPPKA dan UMKM, serta berbagai talkshow dan pertunjukan bertemakan keluarga. 

Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) dalam kesempatan ini hadir berkolaborasi dengan Badan Bahasa, Pusat Perbukuan, dan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini membuat pojok baca di Pameran Harganas. Melalui pojok baca dihadirkan berbagai buku bacaan berkualitas bagi anak seperti buku cerita dan dongeng, komik, sampai dengan buku panduan untuk orang tua dalam menguatkan karakter anak sesuai profil pelajar Pancasila. Dibagikan juga kepada orang tua juga anak berbagai sticker untuk mengkampanyekan pencegahan kekerasan di sekolah. Tujuannya adalah untuk menguatkan posisi keluarga dan orang tua sebagai sekolah pertama bagi anak khususnya dalam upaya penguatan karakter anak melalui pembiasaan-pembiasaan positif seperti membaca buku.

Keluarga sebagai Sekolah Pertama Pembentuk Karakter Anak

 

Puspeka selama ini dalam melakukan upaya penguatan karakter selalu berpedoman pada falsafah dari Ki Hajar Dewantara yaitu melalui pemberdayaan tripusat pendidikan, meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat. Keluarga dalam hal ini memiliki peran paling vital karena tumbuh kembang karakter anak bergantung pada didikan keluarga. Keluarga berperan sebagai teladan utama untuk anak, berbagai nilai dan prinsip telah diajarkan orang tua dan keluarga bahkan semenjak anak baru lahir.

 

Beberapa pengunjung pameran mengungkapkan pentingnya keluarga dalam penguatan karakter. Ratna Indraswari yang merupakan salah satu pengunjung mengatakan bahwa semenjak kecil telah ditanamkan nilai-nilai dari orang tua dan keluarga.

 

“Prinsip yang diajarkan dulu oleh orang tua saya kepada saya sehingga saya bisa menjadi seperti sekarang yaitu kita harus mempunyai sifat jujur, yang kedua tekun dan manajemen waktu yang baik” ujar Ratna.

 

Pengunjung lainnya pemuda relawan pecinta lingkungan di Semarang menyatakan bahwa keluarga merupakan salah satu tempat belajar tentang nilai kejujuran dan disiplin waktu yang selama ini menjadi kunci kesuksesan dari berbagai aktivitas yang dilakukannya bersama komunitasnya.

 

Dari berbagai testimoni tersebut membuktikan bahwa nilai dan prinsip yang kita pegang pada saat kita dewasa yang berperan penting dalam kesuksesan kita baik dalam pekerjaan maupun dalam berperan di masyarakat, berasal salah satunya dari didikan dan keteladanan di dalam keluarga. Melalui peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2024 ini mari kita bersama perkuat kembali peran keluarga sebagai sekolah pertama bagi anak, khususnya dalam upaya penguatan karakter positif anak.

 

#HariKeluargaNasional2024

#CerdasBerkarakter

#MerdekaBelajar