Direktorat Sejarah Dalam upaya melakukan penguatan Pendidikan Karakter melalui Sejarah, bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Timur pada tanggal 18 – 21 Februari 2018 menyelenggarakan Jambore Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Sejarah di Surabaya. Jambore ini melibatkan para Siswa, Guru, Kepala Sekolah dari perwakilan Sekolah Model yang ada di Provinsi Jawa Timur. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur dan Direktorat Sejarah, dengan melibatkan peserta Sekolah Model tingkat SD, SLTP dan SLTA dari 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini bertujuan untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), khususnya dalam menanamkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, kesadaran sejarah harus ditanamkan sejak usia sekolah melalui pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Pendekatan penanaman nilai-nilai kesejarahaan baik secara estetis,  etis, dan kritis merupakan bagian dari strategi bagaimana generasi penerus bangsa ini sejak dini sudah mempunyai bekal dan jiwa nasionalisme dan kebangsaan berdasar pada akar sejarah bangsa dan negara Republik Indonesia.

Kunjungan Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Muhadjir Effendy) pada saat melihat Sketsa gambar komik Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Siswa-siswi SMA melakukan simulasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam bentuk permainan Roda Nusantara.

Jambore Pandu Sekolah Model