Kegiatan Pendidikan Karakter siswa berkebutuhan khusus berbasis Pramuka tingkat nasional tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2018 hingga 3 Agustus 2018. Kegiatan ini merupakan program berkelanjutan Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan yang dilaksanakan di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Cibubur, DKI Jakarta.

Kegiatan yang bertajuk “Menuju Kemandirian Melalui Pendidikan Karakter” ini merupakan upaya dari Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang merupakan pondasi dan ruh utama pendidikan di Indonesia. Tak hanya olah pikir (literasi), PPK mendorong agar pendidikan nasional kembali memperhatikan olah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik) dan juga olahraga (kinestetik).

Peserta pada kegiatan pendidikan karakter siswa berkebutuhan khusus berbasis pramuka tingkat nasional tahun 2018 ini merupakan peserta didik ABK yang telah diseleksi di bidang kepramukaan oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Kegiatan ini diikuti sebanyak 204 peserta didik ABK mewakili 34 provinsi di seluruh Indonesia. Setiap provinsi diwakili 6 siswa dari jenjang SDLB, SMPLB, dan SMALB dengan jenis ketunaan yaitu Tunanetra (A), Tunarungu (B), Tunagrahita (C), Tunadaksa (D), Tunalaras (E) dan Autis (F). Rangkaian kegiatannya terdiri dari Permainan kebersamaan, keterampilan dan edukatif, Menghias tenda, Karnaval, dan Pentas seni dan budaya. Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan peserta pendidikan karakter siswa berkebutuhan khusus berbasis pramuka tingkat nasional tahun 2018 mendapatkan berbagai kegiatan sebagai penambah bekal pengalaman dalam proses pembentukan jati dirinya.

Kontributor: Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Kemendikbud

Penguatan Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Pramuka tahun 2018