Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh peserta didik, karena MPLS merupakan kegiatan pertama bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.
Tidak hanya mengenalkan fasilitas sekolah, MPLS juga bersifat edukatif dan kreatif untuk menanamkan nilai-nilai pembentukan karakter siswa. Salah satunya dengan menyanyikan bersama lagu Profil Pelajar Pancasila, yang menjadi panduan dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
Lirik Lagu Profil Pelajar Pancasila:
Ayo memilih apa yang kau suka
Merdeka belajar wujud yang nyata
Raih mimpimu juga cita-cita
Generasi emas indonesia..
Profil pelajar pancasila..
Tanamkan di dalam dada..
Profil pelajar pancasila..
Cerdas berkarakter itu kita..
Beriman dan bertakwa
Pada Tuhan Yang Maha Esa
Berakhlak mulia
Berkebinekaan global kita..
Gotong royong, berjiwa mandiri
Berpikir kreatif dan bernalar kritis..
Perbedaan bukan suatu halangan
Untuk kita saling bergandeng tangan..
Bhineka tunggal ika semboyan negeri kita
Yang harus kita jaga bersama..
Profil pelajar pancasila..
Tanamkan di dalam dada..
Profil pelajar pancasila..
Cerdas berkarakter itu kita..
Beriman dan bertakwa
Pada Tuhan Yang Maha Esa
Berakhlak mulia
Berkebinekaan global kita..
Gotong royong, berjiwa mandiri
Berpikir kreatif dan bernalar kritis..
Profil pelajar pancasila..
Profil pelajar pancasila…
Lagu “Profil Pelajar Pancasila” menyampaikan visi dan harapan untuk generasi Indonesia yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. Lagu Profil Pelajar Pancasila menyampaikan enam dimensi utama dari Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Kreatif, Bernalar Kritis, dan Mandiri. Selain itu, lagu ini juga menegaskan pentingnya menjaga semboyan “Bhineka Tunggal Ika” sebagai simbol persatuan dalam keberagaman. Secara keseluruhan, lagu ini bertujuan untuk membentuk karakter pelajar Indonesia yang cerdas, berkarakter kuat, dan siap bersaing di tingkat global, dengan tetap menjunjung tinggi identitas dan nilai-nilai kebangsaan.
Sekolah dapat mengimplementasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (PPP) melalui berbagai kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Berikut adalah beberapa contoh kegiatan MPLS yang bisa diterapkan di sekolah:
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia.
Pada masa kegiatan MPLS, sekolah bisa mengadakan sesi doa bersama yang melibatkan semua agama yang dianut siswa atau melalui pembinaan akhlak melalui diskusi tentang nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sejalan dengan dimensi Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta Berakhlak Mulia.
- Berkebinekaan Global
Sekolah dapat membuat proyek kelompok, dimana siswa dapat mengajarkan atau belajar beberapa kata atau kalimat sederhana dari bahasa daerah masing-masing bersama temannya, praktik baik ini dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menunjukkan rasa menghargai kebudayaan daerah lain.
- Gotong Royong
Sekolah dapat membuat proyek sosial seperti dilaksanakan kegiatan merapikan kelas bersama atau membuat kelompok kerja, hal ini tidak hanya meningkatkan kebersamaan tetapi juga mengajarkan nilai Bergotong Royong.
- Mandiri
Sekolah dapat mengadakan simulasi atau role-playing yang menempatkan siswa dalam situasi tertentu, tentunya melatih siswa untuk berpikir dan bertindak secara mandiri, seperti situasi darurat atau pada konflik interpersonal.
- Bernalar Kritis
Pada kegiatan MPLS, sekolah memberikan kegiatan berupa pembentukan diskusi kelompok tentang isu yang relevan dengan kehidupan sekolah atau topik sosial, sehingga siswa diminta untuk menganalisis situasi, mengidentifikasi masalah, dan memberikan solusi berdasarkan keputusan bersama.
- Kreatif
Sekolah dapat mengadakan kegiatan seperti pentas seni, sehingga para siswa dapat diberikan kesempatan untuk merencanakan pertunjukan seni seperti drama, tari, atau lainnya.
Kegiatan MPLS memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai moral dan keterampilan. Diharapkan praktik baik yang ada pada enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga dapat menciptakan generasi penerus yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai pancasila.