PUSAKA 2023- Pekan Untuk #SahabatKarakter

PUSAKA 2023

Pusaka atau Pekan Untuk Sahabat Karakter adalah bentuk apresiasi
untuk #SahabatKarakter yang selalu menjadi bagian PUSPEKA.
Akan selalu ada rangkain kisah terbaik dari dan untuk #SahabatKarakter,
mulai dari PROLOG, DIALOG, hingga bermuara ke EPILOG.




Dalam sebuah cerita, Prolog adalah pengantar untuk memahami inti dari apa yang akan disampaikan. Jika prolog terlewatkan, mungkin inti dari sebuah cerita akan kurang dipahami. Karena itu, kami mengemas “Prolog” dengan memberi judul “Pusaka: Pekan untuk Sahabat Karakter” yang sekaligus merepresentasikan tujuan dan subjek sasaran #SahabatKarakter.



Setelah Prolog tersampaikan, maka proses cerita selanjutnya dirangkum sebagai “Dialog”, yang mengedepankan interaksi.
Ada beragam kegiatan yang dilangsungkan untuk dinikmati sebagai bentuk interaksi,
yang menyiratkan untuk apa rangkaian ini diselenggarakan.



Kesan

(Kelas Akhir Pekan)

Dalam sela Dialog yang sedang berjalan, terdapat kegiatan yang tak kalah menarik bertajuk “Kesan” yaitu Kelas Akhir Pekan.
Harapannya mampu memberi kesan pada #SahabatKarakter di setiap akhir pekan berjalannya kegiatan Pusaka.
“Kesan” ini, selain memberi hiburan juga mampu memberikan wawasan terkait dengan substansi yang menjadi fokus Pusat Penguatan Karakter.


    Kelas
    Dongeng

    24 November 2023

    Daftar:Kelas Selesai

      Kelas
      Siswa Lintas Negara

      17 November 2023

      Daftar:Kelas Selesai

        Kelas
        Kesehatan Mental

        3 November 2023

        Daftar:Kelas Selesai



        Setelah terpapar rangkaian Prolog dan Dialog, maka Epilog dihadirkan sebagai penutup sekaligus rangkuman keseluruhan yang meliputi Talkshow, Apresiasi, dan Pembacaan Pesan Dan Opini dari #SahabatKarakter. Kami berharap ada hikmah yang dapat diserap dari keseluruhan rangkaian kegiatan Pusaka ini, sehingga dapat menginspirasi para #SahabatKarakter dan kami khusunya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi

        PODCAST
        Pembacaan Kotak POS

        Pembacaan Kotak POS (Pesan dan Opini #SahabatKarakter), yang dimana berisikan kata-kata inspiratif, motivasi, atau semangat tentang pendidikan karakter. Akan ada merchandise spesial Pusaka untuk kamu yang beruntung!

        Talkshow dan
        Penampilan

        Talkshow dan penampilan terbaik yang kami suguhkan untuk #Sahabatkarakter






        Apresiasi
        #SahabatKarakter

        Pemberian Apresiasi pada Epilog Pusaka 2023















        Kotak POS

        (Pesan & Opini #SahabatKarakter)

        Kotak POS ini tersedia untuk #SahabatKarakter yang ingin menyampaikan curahan dari hati paling dalam. Yuk, tulis kata-kata inspiratif, motivasi, atau semangat tentang Pendidikan Karakter dari sudut pandang kamu.

        Khadijah N. Sari - Siswa SMA PGRI 1 BEKASI

        masa depan mu tergantung apa yang kamu lakukan hari ini.

        Rizal K. Hidayat - Mahasiswa UNESA

        Teruntuk calon guru, marilah kita sebagai generasi mudah mampu merubah pola-pola pendidikan di Indonesia. Caranya bagaimana? Kita harus lebih pandai dalam menyikapi karakter siswa yang beragam. Kita melakukan pendekatan secara personal dengan siswa. Hal itu bertujuan untuk lebih mengenal karakter siswa dan menyesuaikan metode pembelajaran. Dengan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai, maka akan tercipta suasana belajar yang nyaman bagi siswa. Sehingga, siswa mampu menyerap materi dengan baik.

        Gloria A.E. Putri - SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo

        Masyrakat terkadang hanya memandang hasil dan nilai yang dihasilkan seorang pelajar tanpa mempedulikan cara bagaimana ia bersikap selama sekolah maupun berinteraksi dengan temannya. Seberapa penting itu semua bila pendidilan karakter tidak didahulukan? Layaknya telur dan ayam yang mana dulu yang keluar, nilai dan karakter juga demikian, mana dulu yang harus didahulukan? Nilai tidak akan merubah seseorang, namun pendidikam karakter yang baik dapat merubah langkah hidup seseorang.
        Kita tidak akan tahu apakah seseorang yang selama ini dianggap pintar tanpa karakter akan terus berjaya suatu saat nanti? Sebagai pelajar saya berharap dan memotivasi teman - teman sepelajar lainnya untuk mementingkan pendidikan karakter daripada suatu nilai dalam pelajaran di sekolah, untuk apa nilai bagus bila karakter diri mendapatkan nilai 0 dari penilaian masyarakat? dan untuk guru kami di sekolah jangan patah semangat untuk terus mengingatkan kami akan pendidikan karakter daripada harus bersaing nilai dengan cara tak bermoral

        Yasinta Aida - Siswa SMPIT IHSANUL FIKRI

        Satu aksi dari hati dapat menyelamatkan jutaan sel otak dalam diri manusia, satu aksi dari nafsu mampu menghancurkan jutaan sel otak dalam diri manusia. Cegah perundungan dengan hati dan logika, roots hadir ke nusantara.

        Andien A. Putri - Siswa SMKS Al-Asiyah

        Pendidikan karakter adalah salah satu sistem pendidikan yang tujuannya untuk membangun karakter seseorang di masa yang akan datang, karena dengan adanya karakter yang terbentuk dengan positif maka ia akan bisa menjadi pribadi yang berkualitas dan lebih mudah berkembang di segala aspek kehidupan.

        Andien A. Putri - Siswa SMKS Al-Asiyah

        Jadilah anak muda yang tidak pernah lelah untuk mau belajar, tingkatkan value yang kita miliki, dan pancarkan integritas kita kepada dunia. Percayalah, kita semua adalah penerus masa depan bangsa.

        Bekti Rahayu - Orang Tua SD Islam Karakter Identik

        Pentingnya adab sebelum ilmu Pentingnya pembentukan karakter yang baik sebelum memiliki ilmu yang tinggi Karakter sangat mempengaruhi pribadi seseorang, Individu yang memiliki karakter baik diyakini dapat mengimplementasikan ilmunya dengan baik karena memiliki kepribadian yang baik Kuatnya karakter seseorang dapat memberikan sentimen positif dalam kehidupan sosial, dengan demikian dapat mengurangi perilaku negatif yang timbul di masyarakat Rakyat yang berkarakter menjadikan Indonesia negara yang beradab dan bermartabat Mari mulai proses pembentukan karakter sejak dini Semangat Karakter Indonesia

        Novita F. Soraya - Siswa SMKN 1 SRAGI

        Cinta tak perlu kata, maka kasih juga tak perlu bicara namun hanya dengan bukti nyata. Cintailah orang lain seperti halnya kamu mencintai dirimu sendiri, jangan menggores luka jika kamu tau luka itu sakit. Perilaku dan ucapan itu perlu moral, akhlak dan etika.Belajar menghargai orang lain melalui perbuatan yang kita lakukan merupakan bukti cinta pada kehidupan yang Tuhan berikan pada kita. Cintailah Tuhan, dirimu, orang lain, hidupmu dengan pendidikan karakter yang baik.
        Saya punya pantun nih, buat sahabat PUSAKA :
        Beli batik di Pekalongan
        Belinya di toko akuntan
        Mari kita jaga karakter pendidikan
        Dengan jaga akhlak dan perbuatan

        MUHAMMAD F. SUANDIKA - Mahasiswa UPI YPTK PADANG

        Pesan :
        Hallo! siapapun yang kelak mendengar/membaca tulisan ini, percayalah kamu tidak sedang terlambat dalam mancapai tujuanmu, tolak ukur dirimu adalah dirimu di masa lampau bukan orang lain, kamu hanya perlu yakin dan tetap melakukan apa apa yg kamu anggap penting dan satu hal lagi, badai hanya akan menyisakan pohon terkuat dan kamu jadilah salah satu dari pohon itu dengan cara, percaya pada dirimu dan berhenti hidup dari pola pikir oranglain! SEMANGAT UNTUK KAMU Opini :
        Obat malas itu hanya ada 2
        1. Bergeraklah tanpa mengizinkan alasan apapun masuk kedalam pikiran kita
        2. Tanamkan dalam diri bahwa "siapa aku? Yang beraninya malas malasan saat ini? Apakah aku sudah kaya? Apakah aku sudah berprestasi? Apakah aku sudah banyak skill dan pengalaman? Jika belum? Kenapa aku bermalas-malasan disaat aku tau di dunia hanya aku yang bisa menolong diriku sendiri"

        PRIANI - MA MUHAMMADIYAH BANDAR

        Ini tentang pentingnya pendidikan. Tanpa pendidikan, seseorang bagaikan makan nasi tanpa lauk, rasanya hambar. Seperti itulah gambaran pendidikan bagi kita semua. Tanpa pendidikan, seseorang tidak akan tahu ke mana arah kita berpijak.
        Pendidikan adalah sebagian dari apa yang kita butuhkan. Jika kamu tidak ingin sekolah, tidak ingin menuntut ilmu, maka jangan pernah menyesali apa yang sudah kamu putuskan di kemudian hari. Karena, sekali kamu terjerumus ke dalam lubang paling dalam, maka sulit bagimu untuk kembali ke atas.

        Kamaliah - SDN 1 UJUNGSEMI

        Menjadi guru adalah sebuah tantangan karena kita di dalamnya dihadapkan dengan berbagai macam karakter anak, tidak mudah untuk masuk kedalamnya butuh proses. Untuk itu seorang guru juga harus belajar, belajar masuk kedalam dunia anak (peserts didik) itulah cara kita mudah memahaminya. Jadilah guru yang bermutu untuk Indonesia Maju! Selamat Hari Guru Nasional.

        Muhamad S. Al Bakri - SMKN 1 KOTA SUKABUMI

        Pendidikan karakter tak kalah penting dari pendidikan akademik. Dimana memupuk karakter itu sangat penting karena semakin berkembang nya zaman dan teknologi yang memiliki banyak dampak negatif, membuat para generasi muda sekarang memiliki attitude yang kurang baik.

        Dame I. Tampubolon - SD Bukit Sion Jakarta

        #Persahabat itu adalah Saling Menghargai Perbedaan di sekitar kita, Saling bergandengan tangan dan berbagi rasa seperti Bulan dan Bintang meskipun mereka berbeda namun selalu bersinar memberikan cahaya untuk menerangi kegelapan di Dunia, Cerdas dan berkarakter Pancasila bersama-sama menjadi rumah bagi semua insan.

        Marture G.H Gultom - SDK Sang Timur Tangerang Kota

        #Saat saya menyaksikan video keliling dunia kelas akhir pekan, saya sangat takjub loh ternyata keberagaman itu bukan hanya di Negara kita Indonesia bahkan di seluruh Dunia, kebetulan bulan Nopember ini di kelasku sedang membahas tentang keberagaman disekitar kita, kita diajari untuk menghargai perbedaan dilingkungan sekitar kita rumah, tetangga, sekolah dan masyarakat kita menghargai perbedaan fisik, kegemaran, keyakinan dan lain-lain menjadikan kita anak-anak Indonesia yang cerdas dan berkarakter Pancasila.

        Heni Setiana - Umum

        Haii, menjadi orang baik tidak akan pernah sulit jika diri sendiri pondasi yang diberikan dari keluarga sangat kuat didukung lingkungan sekolah yang positif menanamkan karakter. Banyaknya gempuran pergaulan online di era globalisasi, seharusnya tidak menjadi masalah. Jika elemen orang tua, satuan pendidikan, masyarakat dan pemerintah saling bergandeng tangan menanamkan karakter positif kepada anak-anak generasi Indonesia yang lebih baik. Semangat belajar dan semangat mengajar untuk para pendidik dan orang tua ♥️

        Alisya Agni Kirana - SMPN 46 BANDUNG

        Kegiatan ini sangat berguna bagi semua orang, terutama pelajar. Kita dapat menambah wawasan, pola pikir yang luas, dan dapat ilmu yang bermanfaat. Dari kesan kemarin, aku banyak belajar tentang perbedaan antar negara, contohnya perbedaan bahasa, budaya, sejarah, dan lain sebagainya. Semoga kegiatan seperti ini terus di lakukan / dilaksanakan. Terimakasih pusaka 2023

        Aisyah Azzahro - SMPN Satu Atap 02 Pulau Sabira

        Karakter sejati bukan tercipta dari mata turun ke hati melainkan dari hati turunlah sebuah dedikasi tanpa imitasi

        Nurul Insyaniah - Keluarga

        Anak berkarakter, toleran dan inklusif tumbuh positif dari memiliki rasa menghargai keberagaman, menolak dan menghindari perundungan, mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menghargai dunia anak difabel serta menghindari dan menolak kekerasan seksual sehingga timbul keyakinan akan nilai diri.

        Diana Rajna Rahmawati - SMPN 5 Sragen

        “Setiap hari adalah kesempatan baru untuk mengasah karakter kita, menjadi lebih baik dari sebelumnya, dan menginspirasi orang lain dengan kebaikan yang kita tunjukkan.”

        Muhammad Afnan Hashif - SDN 81 Palembang

        Saya sangat senang dengan pendidikan karakter yang semakin dikuatkan hari per harinya di sekolah. Bukan hanya melihat siswa pintar tidak, namun ternyata penguatan karakter itu sangat penting. Apa artinya pintar, jika tidak diiringi dengan sikap yang sopan, akhlak terpuji dan kurangnya integritas. Karena karakter akan dibawa selamanya.

        Novianti Islahiah - SMAN Sumsel

        Menguatkan karakter para peserta didik berarti kita membangun bangsa yang kuat dari segi akhlak dan moral

        Agustin Putri S. Ayu - SDN 2 Pelem

        Semangat belajar dimulai dari diri sendiri... belajar untuk berubah...membawa dampak bagi sekitar.

        ANDI NAIMAH AL-AMIN - SMAN 3 WAJO

        Pendidikan karakter sangatlah penting bagi para generasi yang akan melanjutkan cita-cita dari bangsa indonesia yang sudah berjuang mempertahangkan indonesia sampai sekarang ini,dimana di era sekarang ini, pemuda pemudi indonesia harus mengutamakan dan mengimplementasikan pendidikan karakter ke dalam dirinya masing-masing,karena dengan menanamkan karakter pendidikan itu,akan melahirkan generasi yang hebat,cerdas dan berkarakter serta menciptakan kemajuan bersama menuju indonesia yang merdeka.

        Shahzada Surya Ramadhan - UNHAS

        Pendidikan karakter adalah perjalanan tanpa akhir menuju kesempurnaan diri. Saat kita terus belajar dan tumbuh bersama anak-anak, kita memberikan pesan bahwa setiap hari adalah kesempatan untuk menjadi versi terbaik dari diri kita.

        Rofila Andartya - UNHAS

        Dalam dunia yang terus berubah, pendidikan karakter adalah kompas moral yang membimbing anak-anak melalui arus tantangan dan keputusan sulit. Marilah kita bersama-sama menjadi pionir perubahan positif di era milenial !

        RATNA KOMALASARI - SDN 2 CIUYAH

        Karakter siswa harus di bentuk sejak dini. Perlu peran serta keluarga juga dalam pembentukannya, bukan hanya di sekolah.

        Samuel Dharma Tjendana - Sekolah tiga bahasa Rukun Harapan

        Inovasi adalah kunci

        Wahyu Rosita Dewi - SMKN 4 MALANG

        Yang menjadi penghalang terbesar dalam kita mewujudkan cita-cita adalah diri kita sendiri. Bukan tentang bisa atau tak bisa, melainkan tentang mau atau tidak mau.

        USMAN NAWAWI - SDN DUREN SAWIT 15 PAGI

        Kegiatannya sangat bagus dan menginspirasi dari seluruh dunia sehingga membuaka wawasan yang banyak ilmu yang dapat diambil dari perjalanan keliling dunia ini

        Ratnawati - Universitas Muhammadiyah Makassar

        Satu aksi lebih berarti dari seribu cerita. Satu aksi TPPK sangat berarti menyelamatkan Satu Juta sel otak anak. TPPK Hadir dalam bingkai kebhinekaan.

        ITA - SMAN 4 SUNGAI KAKAP KALBAR

        Pendidikan bukan hanya belajar yang giat untuk mendapatkan nilai yang bagus Melainkan untuk mendapatkan wawasan yang luas, dan memahami yang di pelajari. "Mimpi lah setinggi mungkin hingga kamu bisa semangat untuk menggapai mimpi mu tersebut", Belajar memang sulit, namun akan lebih sulit lagi jika kamu tidak belajar", "Ingin menjadi seorang yang pintar bukan hanya mendapatkan nilai tinggi di setiap pelajaran, melainkan dapat memahami apa yang dipelajarinya".

        Daiyan W.A - SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo

        Indonesia adalah bangsa yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur. Oleh karenanya, pelajar Indonesia harus bisa menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang siap maju dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa menghilangkan karakter dan budi luhur bangsa.

        Davit B.T Palobo - SMKN Kehutanan Makassar

        "be salt and light" motivasi ini sangat cocok untuk membawa semangat tentang pendidikan karakter anak - anak di Indonesia karena menurut saya sudah saatnya kita sebagai generasi milenial harus bisa menjadi pelita muda yang aktif dan membawa kontribusi positif bagi lingkungan sekitar kita, salah satunya melalui penerapan etika yang sesuai dengan nilai ideologi tanah air kita yaitu Pancasila seperti mengajarkan pentingnya toleransi dan keberagaman, saling tolong menolong atau berkolaborasi dalam menciptakan kedamaian, serta meningkatkan rasa empati sesama umat manusia. Dengan demikian, marilah kita bersama - sama mewujudkan prinsip garam dan terang dalam kehidupan kita sehari - hari agar generasi berikutnya dapat tumbuh menjadi individu yang cerdas dan menjadi agen of change yang mampu memberikan kontribusi positif bagi dunia.

        Debora Tandi - SMKN Kehutanan Makassar

        Sebagai orang tua sudah patutnya kita menjalankan kewajiban kita untuk mendukung dan menginspirasi anak-anak kita untuk bermimpi besar agar dapat mencapai potensi yang mereka miliki, sekaligus membimbing mereka untuk tetap rendah hati dan bersyukur.

        Syahbina Nur Az Zahra - UNHAS

        "Character education not only changes children, but also changes the world. With every small action we take, we weave a story of kindness that will transcend generational boundaries"

        I Romi Sanjaya - Universitas Lampung

        Sikap yang perlu diambil dalam proses pendidikan menurut saya adalah Percaya Diri. Karena percaya diri merupakan kunci awal untuk kita melangkah lebih jauh untuk mengembangkan karakter yang ada didalam diri kita sehingga dengan adanya percaya diri kita dapat melakukan hal-hal positif yang mungkin saja orang juga belum tentu bisa, seperti halnya bicara didepan umum, lomba, tampil kesenian yang tentu perlu adanya sikap percaya diri, jika kamu ingin menjadi hebat makan ubah lah diri mu sendiri maka kamu akan merubah masa depan mu.

        Andi Ainun Nabilah - Politeknik Negeri Ujung Pandang

        Sejatinya menjadi manusia yang berilmu adalah cita" seluruh insan. Namun menjadi manusia yang berkarakter adalah tujuan hidup semua insan. Maka, jadikah insan yang berkarakter dalam mengejar ilmu yang dicita citakan.

        Normareta Niatama - SDN 3 Tirtomoyo

        Pendidikan karakter merupakan suatu upaya konkrit dalam membentuk seorang pribadi yang tidak hanya cerdas secara intelektual namun memiliki moralitas dan etika yang kuat sehingga ke depannya dapat berkontribusi positif dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Sedangkan karakter sendiri merupakan sifat individu yang tergambar dari diri seseorang pada suatu kejadian yang sifatnya spontan dan reflek.

        Reischya A.A P. Soepeno - SMA Kharisma Bangsa

        Saya selalu inget, walau sesusah apapun hidupmu, sesedihnya kamu dalam kondisimu sekarang, waktu akan terus maju. Saya masih inget dimana saya selalu menangis sedih dengan keadaan. Tapi apakah waktu berhenti untuk kamu? tidak! Waktu akan terus berlalu, waktu akan terus maju. Sebaiknya kita harus lebih kuat dan lebih termotivasi untuk melanjutkan hidup. Seperti lagu "Remember the magic" oleh Brian Mc Knight. "The secret of tomorrow is, to live your dreams today". "Rahasia besok adalah menghidupi mimpimu hari ini". Mari kita semua mulai mengejar mimpi sejak dini!!!

        Mela N.N Dewi - SDN SUKARASA

        Langkah dasar menuju perubahan salah satunya dapat dicapai melalui pendidikan. Pendidikan karakter adalah upaya untuk menumbuhkan kemampuan anak dalam menghadapi lingkungan yang dinamis/terus berubah. Maka dari itu, pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam membangun dan menumbuhkan karakter anak bangsa.

        Redi Awal Maulana - KB Rancage

        Melalui keragaman kita banyak belajar tentang bagaimana menumbuhkan toleransi terhadap sesama. Indonesia dengan ragam suku dan budaya telah menjadi bangsa yang menjungjung tinggi bhineka tunggal ika, bersama saling menjaga, bertoleransi sesama kita, agar negeri aman , tentram dan sentosa.

        Fathir A. Fachri - MTsN 1 Kota Makassar

        Setiap langkah kecil yang kita ambil merupakan perjalanan berharga yang akan membentuk singa dalam diri kita yang tangguh dan tidak pernah menyerah. Jadi, teruslah belajar, tumbuh, dan menjadi pribadi yang memberikan inspirasi bagi orang lain.

        Muhammad Azka Alfarizi - SDN BARU 03 PAGI

        Pendidikan karakter pasti penting untuk semua orang, tanpa terkecuali, dan pastinya pendidikan akan menempa dan membentuk karakter setiap siswa untuk siap mencapai masa depan, saya berharap semua tetap semangat karena pemerintah sudah semangat memberikan fasilitas untuk kita semua agar menjadi lebih maju dan siap bersaing.

        WAHYUNI - SDN 17 TELUK PAKEDAI

        Saya adalah seorang guru di sekolah dasar dan seorang difabel. Rasanya tahun ini jadi titik balik saya memandang dunia lebih luas dan memaknai hidup sebagai seorang dengan disabilitas fisik. Ada banyak sekali kegiatan yang diselenggarakan yang sangat mendukung pendidikan inklusif dan membuka jalan mengenal pentingnya pendidikan karakter untuk diimplementasikan dalam kehidupan baik di sekolah dan lingkungan sekitar. Saya percaya setiap orang tidak harus selalu menjadi sempurna tetapi apabila memiliki karakter baik akan sangat bermanfaat.

        Tri Agung Setiawan - SMAN 13 BONE

        Bumi ini seperti taman, Bukankah taman yang beraneka ragam warnanya terlihat lebih indah ? Kita hanya perlu merawat taman yang punya beraneka ragam warna dan jenis bunga agar kedamaian di hati selalu terjaga

        Devi Damayanti - Universitas Terbuka

        Pendidikan karakter adalah perjalanan panjang menuju kedewasaan. Setiap tindakan baik yang kita lakukan adalah langkah kecil yang membentuk jejak menuju kebaikan. Pendidikan karakter bukan hanya tentang apa yang kita ketahui, tetapi bagaimana kita menggunakan pengetahuan itu untuk membentuk kebaikan dan integritas dalam tindakan kita sehari-hari. Ketika kita membangun karakter, kita sedang membangun pondasi kehidupan yang kuat. Pendidikan karakter membentuk kita menjadi pribadi yang tidak hanya pintar, tetapi juga baik.

        M. Khoirul Imamil M - Universitas Gadjah Mada

        Saat disrupsi kian santer dan globalisasi terus merangkak banter, kualitas paling mahal dari diri seorang manusia adalah karakter. Indonesia butuh generasi-generasi berkarakter yang tak hanya keminter dan pandai minteri. Namun, generasi berkarakter itulah pribadi yang akan menjadi problem solver sekaligus policy maker yang berintegritas dan memiliki responsibilitas kepada dirinya sendiri, orang-orang sekitar, bangsa, negara, serta Tuhan Yang Maha Esa.

        Redi A. Maulana - Guru PAUD KB Rancage

        SPotensi Membaca Pada Anak dalam Menumbuhkan Karakter Positif Sejak Dini. "Membaca Bagi Anak Usia Dini Mendengar, Melihat, Merasa, Bertanya dan Bercerita" - Redi Awal Maulana- Membangun serta menumbuhkan karakter pada anak usia dini bisa kita bangun mulai dari diri kita sendiri, sejatinya perubahan yang terjadi pada anak semata-mata karena adanya perubahan yang terjadi dari diri kita. Ya. Kita, orang dewasa yang senantiasa berada disamping mereka. Kita perlu menyadari bahwasanya anak-anak punya potensi yang begitu besar, salah satunya adalah potensi "membaca". Melalui panca indra yang telah tuhan anugerahkan, anak-anak terus belajar dari apa yang mereka dengar, lihat, rasa, tanya, dan bercerita. karena itu, membangun dan menumbuhkan karakter pada anak sejatinya perlu dan harus adanya sebuah keteladan yang menjadi studi tiru dalam kehidupannya. Sebagai guru dan orangtua pasti kita menginginkan masa depan yang terbaik untuk anak-anak kita, oleh karena itu, berbahagialah minimal di lima tahun pertama bersamanya. Membangun bahagia tidak perlu dengan kemewahan, melainkan senantiasa menjadi pribadi yang baik yang berada disekitar mereka. Seorang anak berkata, Jika Kau bertanya tentang apa yang paling aku suka, maka aku akan menjawabnya dengan satu kata "Bermain". maka kenalkan dan tumbuhkanlah karakter baik semenjak dini pada anak dengan penuh kebahagiaan melalui bermain bersamanya. Salam Hormat Orangtua dan Guru PAUD KB Rancage - Kab. Sumedang Redi Awal Maulana

        wahyuni - SD Negeri 1 Gunung Sugih

        Tetaplah mnjadi murid kawan, karna sejatinya ilmu pengetahuanmu tak pernah penuh dan sempurna karna dimakan zaman dan teruslah menjadi guru karna sesungguhnya ilmu pengetahuanmu akan semu tanpa keberhasilan dari penerapan oleh muridmu.

        Siti Rodliyah - SD Islam Umar Harun

        Kita tak bisa memaksa orang lain peduli, tapi kita bisa berbagi untuk mengajak mereka peduli. Empati tak hanya soal membantu dan memahami, tapi juga percaya bahwa mereka mampu berdaya melibatkan diri.

        Jijah - SMPN 4 CIKALONG WETAN

        Jangan pernah menyerah dengan omongan seseorang, karna kita bisa, kita sukses, bukan karna omongan mereka tapi karna kita bisa menerima dengan ikhlas, dan menjadi semua itu semangat baru untuk maju.

        Samuel D. Tjendana - SD Rukun Harapan

        Pendidikan karakter sejak dini mengasah hati nurani kita tetap selalu berusaha menjadi pribadi yang baik.

        Luluk Chumaidah - SMK NU Banat Kudus

        Seorang Pencari ilmu, jika tidak menghiasi diri dengan akhlak yang mulia, ilmunya tidak akan bermanfaat

        Elda Arlaynika - SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO

        Sekolah sebagai pondasi nilai Pancasila, menanggulangi krisis karakter. Inovasi dan karakter bersatu ciptakan siswa cakap, percaya diri, bertanggung jawab. Penerimaan inovasi dipengaruhi karakter manusia. Proses inovasi pendidikan dari ide hingga merdeka belajar, membentuk masa depan pendidikan yang lebih baik.

        Alfin Nihayatul Islamiyah - Poltekkes Kemenkes Surabaya

        Jadilah manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan, dengan menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik sejak dini merupakan cara jitu memperkuat karakter anak bangsa.

        Muhamad Sholeh - SDN PEGANDAN 01

        Anak anak dan Generasi Muda adalah mesin sebuah kendaraan yang dinamakan Negara. Lantas pendidikan adalah bahan bakarnya. Dengan mesin dan bahan bakar yg baik akan menjadikan kendaraan (negara)berkualitas. Jangan sampai kita mempunyai banyak mesin tapi kurang bahan bakar. Mari belajar, bergerak dan bertumbuh jadi lebih baik.

        RISKA MEILANI - SDN 67 LEBONG

        Saat ini problem moral merupakan persoalan akut yang mengiringi kehidupan peserta didik kita. Anak sangat rentan terpapar isu negatif maupun berita hoaks dari berbagai platform media digital yang dapat membombardir pola pikir mereka. Kenyataan tentang akutnya problem moral inilah yang kemudian menempatkan pentingnya penyelengaraan pendidikan karakter. Pendidikan karakter tidak harus berdiri sendiri sebagai sebuah kurikulum, melainkan dapat disertakan pada mata pelajaran sehari-hari. Misalnya, anak belajar untuk jujur saat diminta mengerjakan pekerjaan rumah. Yuk, kita tanamkan pendidikan karakter anak mulai dari hal yang kecil karena dengan pendidikan karakter dalam sistem pendidikan di Indonesia, anak diharapkan memiliki filter untuk menyaring informasi yang baik dan buruk. Pendidikan karakter juga bukan hanya sekedar menanamkan mana yang benar dan mana yang salah. Namun, pendidikan karakter dapat ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila.

        BERTA NIKEN D - UPT SDN 1 PRINGSEWU BARAT

        Guru adalah Pembelajar yang mendampingi Pelajar menjadi Terpelajar
        Karakter yang Baik adalah Pondasi Kemajuan Negeri.

        Gibran Badrani Rahman - MTSN 2 Kota Bandung

        Sekolah bukan hanya untuk mendapat ilmu tapi juga masa masa indah kehidupan tetap semangat teman teman tak ada yg tak mungkin jika kita berusaha dan berdoa

        Adil Aripin - IAIN Syekh Nurjati Cirebon

        Jadilah generasi yang berkarakter sehingga akan berprinsip dimasa yang akan datang. Pendidikan yang berkarakter sangat dibutuhkan di negara tercinta kita ini. Sehingga tak akan hilang identitas bangsa yang berbudaya ini.

        Mahsuri Binti Yusuf - Universitas Sebelas Maret

        Menurut sudut pandangan saya, Pendidikan Karakter adalah sebuah langkah awal dalam membangun generasi anak bangsa yang cerdas dan berakhlak baik. Karena didalam Pendidikan Karakter sendiri membawa 5 nilai utama dalam penguatan karakter yakni, integritas, religiusitas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Sehingga ketika 5 nilai utama ini diimplementasikan dengan baik maka pasti akan berdampak positif kepada masa depan negara karena suatu negara akan dikatakan sukses ketika masyarakat terutama pemuda-pemudinya itu cerdas dan berakhlak baik sehingga lingkungan yang terwujud itu merupakan lingkungan positif dan memiliki nilai-nilai yang baik. Semangat terus dalam mencerdaskan bangsa serta menuju Indonesia Emas 2045.

        Mahsuri Binti Yusuf - Universitas Sebelas Maret

        Kesuksesan adalah milik orang yang tidak mengenal arti lelah dan tetap berjuang hingga ke akhirnya.

        Audrey Clarissa D.T - SMP Rukun Harapan Jember

        Di jaman serba canggih seperti sekarang, kepintaran akademik bukan menjadi satu-satunya yang patut dibanggakan. Berbagai aplikasi pintar seperti AI pun mampu melakukan. Namun, satu hal yang bisa menjadikan kita bernilai yaitu karakter yang baik. Karakter yang baik mempengaruhi seluruh pandangan kita dalam kehidupan sehari-hari menjadi lebih positif. Dengan pandangan positif, kita dapat menerima kekurangan, perbedaan dan semakin berdamai dengan orang lain. Oleh karena itu, pendidikan karakter sangat penting diterapkan sejak dini. Terima kasih

        Elda Arlaynika - SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO

        Inovasi dalam pendidikan dapat menjadi alat yang ampuh untuk menciptakan perubahan dalam pendidikan yang membantu siswa mengembangkan karakter dan nilai-nilai Pancasila. Inovasi dan karakter dalam pendidikan bersama-sama membantu siswa menjadi individu yang cakap, percaya diri, bertanggung jawab, dan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan diri dan mengembangkan sistem pendidikan menjadi lebih baik. Cepat atau lambatnya penerimaan inovasi manusia dipengaruhi oleh karakter manusia dan inovasi itu sendiri.

        Daniel Leonard S - SMA Swasta Katolik St.Ignatius

        Pendidikan karakter ibarat sebuah benih yang jatuh dan bakal bertumbuh, sejak dini beni tersebut sebetulnya layak mendapatkan perawatan. Sama halnya dengan manusia seyogianya sejak dini mendapatkan contoh karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Salam cinta kasih dalam keberagaman.

        Nova Calista - SMAN 1 CIREBON

        Dimana pun dan kapan pun teruslah belajar, belajar bukan hanya sekedar membaca buku tetapi dengan kamu melakukan suatu hal yang baru itu bisa disebut dengan belajar. Jika belajar membuat kamu suntuk maka kamu belum temukan cara belajar yang benar

        Blandina Sanit - Universitas Airlangga

        Jika pahlawan kita rela berkorban untuk untuk mencapai Indonesia merdeka maka,kita sebagai generasi bangsa Indonesia harus berani ambil semua resiko dalam menggapai cita cita kita untuk mempertahankan Indonesia

        Anisa Agustiana - Universitas Pendidikan Indonesia

        Dalam perjalanan pendidikan karakter, sebagai mahasiswa PGSD yang memiliki pengalaman Kampus Mengajar dan mendalami Program Penguatan Profesional Kependidikan Internasional, setiap langkah yang saya ambil adalah investasi berharga untuk membentuk generasi penerus yang tangguh dan berintegritas. Jadikan setiap pengalaman ini sebagai peluang untuk menyemai nilai-nilai luhur dalam setiap jiwa yang disentuh. Kiprah seorang guru bukan hanya tentang memberi ilmu, tetapi juga membentuk karakter yang akan membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan. Teruslah bergerak maju dengan semangat, karena di tangan guru, tergenggam masa depan yang cerah dan penuh harapan.

        Josephine N.L - SD Xaverius 1 Palembang

        Keberhasilan dan kesuksesan adalah proses pembentukan karakter yang tidak mudah menyerah dan berani bermimpi hal-hal besar yang ingin di raih. Ubah kata sulit dan susah sekali menjadi TAK MASALAH, BISA KUPELAJARI.

        Tating - SDN Sukarasa

        Dalam penguatan karakter ada lima nilai utama prilaku sebagai warga sekolah yaitu Integritas, religius, nasionalisme, kemandirian, serta gotong royong yang harus diterapkan

        Adelina Malaika Sulton - SMPN 7 JAKARTA Timur

        "Akan tibalah pelangi, setelah badai hujan menerjang". Kata kata motivasi ini tidak bisa saya luputkan dari pemikiran saya. Saya selalu memikirkan, memang benar adanya dari kata kata motivasi tersebut, sebagai siswa yang berkewajiban untuk belajar, kami tentunya pernah merasa jenuh akan hal itu, tetapi saya meningat motivasi ini, pasti akan ada suatu masa nanti, saya akan berterimakasih kepada diri saya karena terus mau belajar tanpa berhenti. Sesungguhnya usaha tidak mengkhianati hasil.

        Pipih sopiah, S.Pd - SDN SUKARASA

        Berperilakulah secantik mungkin, cantik ibadahmu, cantik ucapanmu, cantik karaktermu, cantik senyumanmu dan cantik hatimu itulah kecantikanmu sesungguhnya.

        Antonius Sitanggang - SLB YAYASAN KARYA MURNI CABANG TANJUNG SELOR

        Berani melawan diskriminasi, ciptakan lingkungan dan masyarakat Inklusif. Bersama melangkah wujudkan aksesibilitas bagi anak disabilitas.

        Syifaur Rasyidah.S - SMAN 11 Pangkep

        Tetap semangat dan iklhas dalam menjalani hidup, sesungguhnya esok kamu akan merindukan kehidupan mu yang kemarin

        Adelia Pany - Politenik Tonggak Equator Pontianak

        "Pendidikan karakter adalah pondasi utama yang membentuk pribadi kita. Dengan memahami nilai-nilai seperti integritas, kerja keras, dan empati, kita membangun fondasi kuat untuk menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan sejati dalam kehidupan."

        Adam Sakti Wirayuda - SMKN 1 Sekampung, Lampung Timur

        Bukan saat menang ataupun kalah. Pemenang sesungguhnya adalah seseorang yang menunjukkan tingkah laku.

        Hafy Rizqi W.M - SMPN 14 Bandung

        Berbeda tetap bersama, berkolaborasi wujudkan cita cita bangsa

        Ratna Dewi P.S - SDN Sukarasa

        Pendidikan karakter sangat penting dan harus di terapkan di setiap jenjang, karena pendidikan karakter merupakan pengajaran yg menekankan tentang nilai nilai yang baik.. Yang diperlukan dalam mewujudkan kelangsungan hidup bangsa, yang nantinya menjadi pijakan anak Indonesia sehingga berkembang menjadi pribadi yang berkualitas, memilili akhlak yang baik, jujur, tanggung jawab, hormat dan disiplin.

        Lia Faridatul Ulfa - Universitas Dharmas Indonesia

        Menurut ku pendidikan karakter merupakan nilai yang diperlukan dalam mewujudkan kelangsungan hidup bangsa, yang nantinya menjadi pijakan anak Indonesia sehingga berkembang menjadi pribadi yang berkualitas, memiliki akhlak yang mulia, karena orang berakhlak jelas sudah pintar, tapi orang pintar belum tentu memiliki akhlak

        Jingga Wulandari - Universitas Dharmas Indonesia

        Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan. Generasi muda yang berkarakter akan membuat negara Indonesia menjadi lebih maju

        Indrianti D.P - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

        Jangan pernah sekali-kali kalian menyerah dalam mencari ilmu karena banyak ribuan orang yang ingin sekali mendapatkan ilmu tersebut namun terdapat kendala…carilah ilmu se cape-capenya karena ilmu itu penting dan gak pernah hilang, akan terus berkembang sebagaimana kita memakai ilmu tersebut.semangattt semuanyaa

        Dea Adelina Dzakiyyah - SDN 3 Karamatwangi

        Pasrah boleh tapi gak boleh nyerah. Karena keinginan untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan terhadap kegagalan.

        Roosyidah Haniifah - SDN Blubuk

        Di masa depan tentunya akan ribuan jalan yang kita tempuh. Akan ada ratusan dengan jalan yang buntu. Ada puluhan jalan yang membuat kita ragu. Tapi fondasi utama dalam kehidupan, karakter baik, yang akan memandu kita menuju jalan yang benar. Nilai yang kita tanamkan akan menjadi peta dalam kehidupan kita di masa depan.

        Hisni Munafarifana - Harian Haluan

        Pendidikan karakter tidak hanya tentang belajar bagaimana bersikap yang baik di muka umum, tetapi harus berketuhanan agar meresap ke sanubari anak bangsa, dan karakter itu pun menjadi bentuk bukan kepura-puraan melainkan ciri khas bangsa Indonesia yang luhur dan kuat tanpa mode penjilat.

        Naila Mutia Putri - SMAN 1 BATUPUTIH

        "Karakter sejatinya terbentuk melalu pendidikan, dimana kesabaran dan ketekunan menjadi guru terbaik. Setiap tantangan adalah peluang untuk mengukir karakter tangguh dan berdaya."

        Muhamad Latif Mahtum - SDN Sukarasa Cileunyi

        Asyiknya belajar tanpa intimidasi dan jauh dari kekerasan. Ayo semangat berkarakter supaya menjadi generasi perubahan. Siapa lagi kalau bukan kita yang memulai. Salam cerdas berkarakter. Stop perundungan. Sekolah aman nyaman demi kemajuan bangsa.

        Muhammad Zafira Firdaus - Univ. Bhayangkara Jakarta Raya

        Hidup itu seperi kapal laut yang sedang berlayar jadi wajar saja bila kita sering hilang arah,yang salah itu ketika kita hilang arah,kita hanya diam dan tidak melakukan apa apa karena mau bagaimanapun juga kita adalah nahkoda untuk diri kita sendiri.akhir kata your never walk alone

        Chichi - SDN KEMIJEN 03 SEMARANG

        Sekolah berbudaya agama dan ramah anak dapat mewujudkan pendidikan karakter di sekolah.

        Rachmad Effendi T.S - SMKN 2 Trenggalek

        Menjadi Guru Bukan hanya bagai mana mendidik siswa, namun juga bagaimana mendidik diri sendiri agar setiap sikap dan yang kita lakukan bermakna bagi siswa kita. Karena pendidikan karakter bukan hanya ucapan namun contoh nyata dari sikap kita.

        MARIA - SMPS KATOLIK SANTO ALBERTUS

        Pelajar Indonesia yang cerdas berkarakter adalah profil pelajar Pancasila yang sejati.

        Ahmad Gaos Habibi - SMAN 1 Praya Tengah

        Berbuatlah setulus hati sepenuh jiwa, dengan totalitas diri. Jadilah orang yang dicintai ketika ada. Dirindukan ketika tidak ada. Dan dikenang setelah tiada

        MUSTABSIROH - SDN 1 JOMBORAN

        KEREN GUES..BAGI ILMUNYA LAGI DONG

        DERIATI - PKBM INDONESIA NEGERIKU

        pesan: Mari kita jadikan sekolah sebagai tempat menyelamatkan generasi dari kekerasan. Bukalah matamu, sebab masa depan tunas bangsa ada ditanganmu. TPPK maju truss
        Opini: TPPK ini sangat membantu guru dan orangtua untuk memperhatikan pribadi anak maupun warga sekolah.

        Siti Anisah, Pos PAUD Merah Putih

        Senang sekali mengikuti webiner ini,semoga ilmunya bermanfaat untuk saya dan lembaga kami.
        Dengan membangun generasi yang cerdas dan berkarakter maka terbentuklah negara yang maju dan aman dari kekerasan

        Fitriany - SMAN 1 Lasusua

        peran guru dan orang tua sangat dibutuhkan untuk bersinergi dalam mensukseskan program sekolah yang inklusif... sekolah aman, nyaman dan bahagia tiidak dapat terwujud ketika masih ada dari unsure orang tua, guru ataupun peserta didik disatuan pendidikan masih terus mendapat pembelaan dan pembenaran dari keluarga, sehingga disinilah pentingnya guru dan orang tua berkolaborasi

        ERMA ERNAWATI, TK Negeri Al-Uswah

        Cerdas Berkarakter melaui penanaman budaya Positif di PAUD

        Novia, SDN BINANGUN

        Pendidikan di Indonesia harus maju. Selalu bersyukur atas segala keadaan

        M. Noval, SDN Mergosono 1 Malang

        Berikut opini saya mengenai pendidikan karakter: Secara keseluruhan, pendidikan karakter bukanlah sekadar tambahan dalam sistem pendidikan, melainkan merupakan elemen integral yang membentuk dasar manusia yang beretika, bijaksana, dan siap menghadapi kompleksitas kehidupan. Dalam era yang terus berkembang ini, investasi dalam pendidikan karakter adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik. Kata-kata motivasi: 1. Keberhasilan sejati bukan hanya terukur dari prestasi akademis, tetapi juga dari kebaikan hati, etika, dan sikap bertanggung jawab. Pendidikan karakter adalah kunci menuju kehidupan yang tidak hanya sukses namun juga berarti. 2. Pendidikan karakter adalah langkah penting untuk mengatasi ketidakpastian dunia. Dengan membentuk karakter yang kokoh, kita mengasah keberanian, ketahanan, dan kemampuan beradaptasi dalam menghadapi setiap perubahan. Terimakasih

        Bayu - SMAN 1 Andong

        KOLABORASI, TERBUKA DAN EMPATI = kolaborasi dan keterbukaan sangat penting dalam menanggulangi kekerasan di sekolah. Tim harus saling mendukung dan berbagi informasi secara terbuka kemudian anggota tim mengembangkan sikap empati terhadap para korban kekerasan (jika terjadi kekerasan). Memahami dan merasakan situasi dari sudut pandang korban dapat membantu dalam merancang solusi yang lebih manusiawi.

        Nasar - Cijoro Pasir

        Pesan "Semoga dengan ada nya program ini Siwa/siwi bisa belajar dengan nyaman dan menjadikan nya sekolah sebagai rumah kedua nya".
        Opini " guru dan siswa lebih perbanyak Diklat tentang pencegahan dan penanganan kekerasan supaya guru dan siswa tau cara menanganinya agar TDK terulang lagi kekerasan di dalam lingkungan sekolah" .

        Kurniawan - Barambai

        Pendidikan karakter adalah fondasi kehidupan. Seperti batu dasar, ia membentuk manusia yang tangguh, berintegritas, dan penuh empati. Di dalam setiap pelajaran, kita membentuk jiwa yang tak tergoyahkan, siap menghadapi badai kehidupan. Mari bersama-sama membangun generasi yang berakhlak, pintar, dan berdaya. Pendidikan karakter bukan hanya tentang pengetahuan, tetapi juga membentuk pribadi yang mampu membawa perubahan positif. Bersama, kita adalah arsitek masa depan yang cerdas dan berbudi luhur. /p>

        LIESTIANTI - KEBON GEDANG

        Dengan adanya PUSAKA, khususnya KESAN Kelas Tutorial Pelaporan TPPK dan Satgas PPKSP sangatlah membantu kami sebagai pendidik untuk dapat menindaklanjuti kebutuhan peserta didik akan perlindungan dan fasilitas pendukung lainnya jika ditemukan kekerasan dalam sekolah, terutama di SD Negeri yang mayoritas tidak memiliki guru BK khusus. Saya sangat mengharapkan dengan adanya TPPK serta pembekalan yang menyeluruh seperti ini dapat membatu seluruh pendidik dan PTK untuk mendampingi setiap peserta didik, terutama yang membutuhkan tindak lanjut lebih seperti dikonsultasikan ke psikolog. Saya pernah menemukan kasus peserta didik yang mengalami suatu rangkaian pengalaman kehidupan yang kompleks hingga membentuk diri peserta didik yang mengalami kasus yang diharuskan untuk berkonsultasi ke psikolog. Namun dikarenakan kurangnya informasi, fasilitas, pengetahuan dan biaya pada akhirnya peserta didik tersebut tidak terlayani dengan baik. Semoga dengan adanya TPPK kasus seperti ini dapat terfasilitasi dengan baik.
        Semangat untuk mewujudkan lingkungan sekolah bebas kekerasan!

        Nur Jamilatul Khafidzoh - NGAWEN

        Pesan:
        Pagi2 ke pasar Blora beli tempe
        Pulangnya mampir beli bubur ayam
        Mari Kita dukung pembentukan TPPK Dan Satgas PPKSP
        Agar pembelajaran dapat berlangsung nyaman dan tenteram
        Opini:
        Semoga ada pelatihan tingkat Kabupaten terkait penguatan TPPK dan Satgas PPKSP agar program yg dicanangkan dapat diimplementasikan dengan baik, terutama untuk sekolah di pedesaan seperti kami
        Terima kasih

        NURSIDAH - Makassar

        Banyak sekali pembelajaran yang saya dapatkan dalam KESAN ini, sungguh sebuah terobosan baru untuk dapat membawa para insan guru untuk tetap semangat belajar dan terus belajar demi terciptanya generasi pancasila yang berkarakter.

        M.Yusuf - Tellu Siattinge

        Jangan pernah berhenti berjuang dalam menghentikan segala bentuk kekerasan di lingkungan sekolah. Bahwa perundungan akan terus ada jika tidak tercipta sekolah ramah anak. Keberadaan sekolah ramah anak akan menginisiasi seluruh unsur pada satuan Pendidikan untuk melakukan terus melakukan pembinaan karakter. #Jangan Menyerah#

        ST. FATIMAH - Sinjai

        Mari Bekali Anak dengan nilai-nilai moral, norma agama dan Sosial sesusai tahap perkembangannya sebagai salah satu Pencegahan kekerasan. .

        Tria - Sutojayan

        Materinya sangat bermanfaat penyampaian yang mudah dipahami, semakin kreatif pusaka.

        Sutarji - Trenggalek

        Mari Kita Sukseskan PermendikbudRistek No 46 Tahun 2023 ini. Karena Tindakan Kekerasan terhadap anak didik, akan mempengaruhi Perkembangan mentalnya

        Noriva - Sopai

        Materi sangat memberi wawasan bagi saya selaku pendidik untuk terus menjaga keamanan dan kenyamanan warga sekolah

        Laila iin - Orang Tua

        Saya orang tua yang teredukasi sekali mengikuti Kelas Tutorial Pelaporan Pembentukan TPPK dan Satgas PPKSP Melalui YouTube. Banyak sekali catatan saya untuk disampaikan ke komite sekolah, dan sekolah untuk segera melakukan pembentukan panitia mencegahan kekerasan di sekolah. Lakukan terus sosialisasi seperti ini yang melibatkan orang tua, supaya kami tau peranan sekolah , peranan guru, peranan orang tua jika terjadi. Kami sebagai orang tua, tau bagaimana harus melapor. Dan memberikan rasa aman karna sudah tersistem dan bisa dipertanggung jawab kan.

        Sifa - Guru PAUD

        Kegiatan ini menjadi Langkah yang efektif untuk menjadikan Pendidikan Indonesia Bebas dari Kekerasan.

        Rahmat - Pontianak

        Hanya dengan perasaan bahagia, belajar menjadi bermakna. Kami cinta pendidikan tanpa kekerasan, karena anak-anak harus belajar dengan rasa penasaran.

        Tria - Sutojayan

        Materinya sangat bermanfaat penyampaian yang mudah dipahami, semakin kreatif pusaka.

        Elita - Sijunnjung

        Pelajar Indonesia, Cerdas, berkarakter, berjiwa Pancasila, dan generasi emas.

        Syahrida - Kebayakan

        Pentingnya pendidikan karakter akan membawa kita ke tingkat adab yang lebih tinggi.

        Heni - Garut

        Sekolah nyaman tanpa kekerasan, ramah dan betah

        Rezza - Samarinda

        Halo #SahabatKarakter Kemaren Ikut Kelas Akhir Pekan (Kesan) yang pertama, acaranya sangat bermanfaat bagi saya, temanya pas dengan keadaan sekarang. Semoga tahun depan
        ada lagi kegiatan seperti ini yang lebih keren-keren. Sukses terus Puspeka

        Ari, Jakarta

        Semoga Pendidikan di Negeri ini dapat lebih merata dan lebih baik lagi kedepannya. Dan dapat menjadi tempat atau rumah kedua untuk siswa dan siswi untuk dapat belajar dengan senang, tenang
        dan aman.

        Sigit - Surabaya

        Senang sekali mengikuti rangkaian kegiatan Pusaka 2023, ada banyak kegiata positif yang bisa diikuti di Kelas Akhir Pekan dan sangat mudah diakses. Kegiatanya berisi informasi menarik seputar Dunia Pendidikan dengan Narasumber yang hebat-hebat. Semoga kegiatan ini terus berkelanjutan agar dapat menambah wawasan kita semua. Salam Cerdas Berkarakter

        Echi, Jakarta

        Berharap banget pendidikan Indonesia menjadi pendidikan yg ramah n menyenangkan buat smua. Jadi siapapun yang akan datang ke sekolah, udah ga males2an lagi. Bisa senyum kaya anak-
        anak saat datang ke TK

        Widi, Yogyakarta

        Semoga pendidikan Indonesia semakin inklusif. Menerima dan mengakomodir setiap perbedaan peserta didik, pendidik, dan juga tenaga kependidikan.

        Bima, Semarang

        Melalui penguatan karakter akan tercipta generasi unggul yang memiliki kompetensi Profil Pelajar Pancasila. Yaitu generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik saja, tapi juga memiliki karakter yang kuat sesuai nilai-nilai dalam Pancasila.