Sinar Kejora Si anak Meutuah – TK Modern Lina, Bireun

Penulis : Fitriani, S.Pd – Guru TK MODERN LINA, BIREUEN

Di balik setiap perbedaan, serta menghargai kontribusi mereka dalam membangun dunia yang lebih inklusif dan penuh kasih

Di dunia yang kaya akan keberagaman, anak-anak berkebutuhan khusus adalah bintang-bintang yang bersinar dengan cahaya yang unik. Mereka membawa serta kisah-kisah inspiratif yang mengajarkan kita tentang ketahanan, cinta, dan harapan. Setiap tantangan yang mereka hadapi bukan hanya menciptakan perjalanan yang berbeda, tetapi juga memberikan kita kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang arti sejati dari empati dan penerimaan. Mari kita buka hati dan pikiran kita untuk memahami keindahan di balik setiap perbedaan, serta menghargai kontribusi mereka dalam membangun dunia yang lebih inklusif dan penuh kasih.

 

Mari kita sejenak melihat sisi dari sebuah sekolah yang menerima yang beragam keunikan peserta didik yang memahami arti kebersamaan. TK Modern Lina Bireuen yang beralamat Jalan Putroe Bungsu Desa Geulanggang Baro Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Aceh. TK Modern Lina dari tahun 2010 mulai mempunyai Layanan Anak Berkebutuhan Khusus peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) / (Inklusi) sampai sekarang. 

Mari kita sama- sama untuk menjelajah sebuah kisah yang terkadang di zaman ini bagi sebagian dari orang tua yang menganggap sebuah pendidikan anak usia dini dianggap tidak penting .

 

Para ayah bunda ayo kita pahami, apa itu tahapan  Pada tahap usia dini (0-6 tahun), anak-anak berada dalam fase perkembangan yang sangat pesat. Mereka belajar berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, mengenal dunia luar, serta membangun kemampuan sosial dan emosional mereka. Dan di sekolah kita sudah mengenal Pendidikan inklusi yang banyak manfaat baik bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus maupun anak-anak pada umumnya. Tk Modern Lina menerima anak- anak dari berbagai latar belakang orang tua, ekonomi menengah ke atas dan kebawah. Setiap tahun yayasan Lina Bireuen memberikan Beasiswa untuk anak yatim dan fakir miskin, termasuk dari anak yang berkebutuhan khusus tetap di fasilitasi oleh yayasan selama tahun 2 pelajaran. 

Dalam proses belajar, anak-anak membutuhkan ruang untuk mengeksplorasi diri mereka sendiri, menemukan apa yang mereka sukai, dan mengembangkan potensi tersembunyi mereka.” setiap tahun menjadi aktivitas rutin di Tk Modern Lina kita membuat kegiatan Pentas Ceria semua anak tampil menunjukkan kreativitasnya seni sesuai dengan bakat bakat minat anak. Anak tampil dengan penuh percaya diri kemampuan mereka membuat kami bangga sebagai orang tua di sekolah.

Dukungan ayah bunda pada setiap kegiatan membuat kami para pendidik merupakan energi full saat kami dalam kesulitan saat membangkitakan rasa percaya diri anak- anak sebelum naik pentas dan semua anak- anak memberikan performance terbaik mereka disitulah rasa syukur kami yang sangat besar kepada sang pemilik makhluk istimewa “Allah wajalla”

.

Setiap hambatan bukan hanya sekadar kesulitan, tetapi juga peluang untuk menunjukkan ketahanan dan keberanian yang luar biasa

Melalui judul “Sinar Kejora Si anak Meutuah ,” konteks yang diangkat adalah tentang bagaimana anak-anak inklusi dapat tumbuh dan berkembang layaknya bintang kejora yang bersinar terang. Dalam lingkungan yang mendukung dan inklusif, mereka dapat menunjukkan potensi mereka yang sering tersembunyi, dan memberikan kontribusi yang berarti dalam kelompok mereka. Judul ini mencerminkan harapan dan keyakinan bahwa setiap anak, tanpa memandang latar belakang atau kemampuan mereka, dapat bersinar dengan terang jika diberikan kesempatan yang adil ( sama) mereka akan bersinar pada waktunya.

Dalam perjalanan mereka, setiap hambatan bukan hanya sekadar kesulitan, tetapi juga peluang untuk menunjukkan ketahanan dan keberanian yang luar biasa. Melalui perjuangan ini, mereka mengajarkan kita arti sejati dari ketekunan dan harapan. Dengan setiap langkah yang diambil, mereka memancarkan cahaya yang menginspirasi kita untuk melihat dunia dengan sudut pandang yang lebih luas. Mari kita dukung mereka dalam perjalanan ini, karena di balik setiap ujian, terdapat kekuatan luar biasa yang mampu mengubah cara kita memahami dan merayakan keberagaman. Dalam mewujudkan lingkungan pendidikan yang benar-benar inklusif bagi anak-anak usia dini. Tantangan-tantangan awal meliputi berbagai aspek, seperti keterbatasan infrastruktur yang ramah inklusi, kurangnya pelatihan tenaga pendidik tentang kebutuhan khusus, dukungan dari orang tua dan masyarakat sekitar.

untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, seperti pelatihan profesional berkelanjutan bagi guru, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak  serta pentingnya kolaborasi antara orang tua, pendidik, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan semua anak Alhamdulillah sudah terkoneksi dengan baik .

 

kekuatan kolaborasi dan kepedulian manusia praktik baik Tk modern Lina. 

 Setiap langkah kecil menuju kebaikan bukan hanya menciptakan perubahan, tetapi juga menginspirasi orang lain untuk ikut serta dalam perjalanan ini. Praktik baik ini Alhamdulilah menunjukkan kekuatan kolaborasi dan kepedulian manusia. Mari kita menjelajahi kisah-kisah luar biasa yang membuktikan bahwa dalam kebersamaan, kita memiliki kemampuan untuk menyalakan perubahan dan membangun dunia yang lebih cerah bagi generasi mendatang.

 

Praktik baik ini berawal dari tantangan yang dihadapi dalam menerapkan pendidikan inklusif di Tk Modern Lina adalah menerima dari banyaknya anak yang memiliki beragam hambatan, yang membuat kami tidak bisa memberikan pelayanan yang sesuai dengan identifikasi anak yang terus berdatangan ke sekolah. Dukungan yang utama dari orang tua yang membuat kami semangat untuk belajar bersama – sama dengan mencari informasi tentang anak ABK, Alhamdulillah kami membuka komunikasi lewat pelatihan yang diundang oleh  Direktorat PAUD, setelah pelatihan, dengan partisipasi orang tua dan Yayasan, membuat kami lebih percaya diri dalam memberikan layanan kepada anak yang berkebutuhan khusus.

Saat ini kegiatan pembelajaran sudah berdiferensiasi dengan kebutuhan anak, yaitu sarana dan prasarana serta tenaga ahli (Psikiater, Psikologi, dokter, terapis PDBK, konsultan dan guru pendamping PDBK). TK Modern Lina bekerjasama dengan dr. Kresno Mulyadi, Spkj (Psikiater) Jakarta, Cut Najwati, S.Psi.Psi RSUD Dr. Fauziah Bireuen (Psikologi) dan Trimoro  Bwarsid, S.Pd, Kons (Konsultan Anak Berkebutuhan khusus) Medan, DR. Norfishah Binti Mat Rabi (Profesor Pendidikan Khas Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Pada Penyusunan KOSP, tim kurikulum TK Modern Lina melibat para tenaga ahli tersebut untuk  program pembelajaran  Anak berkebutuhan khusus (Inklusi) yang berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan anak. Dan saat ini kami sudah memiliki MoU Kerjasama dengan para tenaga ahli tersebut di atas. 

Setiap anak yang mempunyai hambatan maka TK Modern Lina akan merujuk orang tua dan anak untuk ke tahap Asesmen awal yang dibantu oleh tenaga ahli. Dan hasil asesmen menjadi salah satu rujukan untuk pelayanan anak tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga memudahkan guru untuk membuat program pembelajaran yang sesuai dengan hambatan anak PDBK. 

TK Modern Lina telah memiliki Tim Pengembang Kurikulum Operasional yang terdiri dari: Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Pengawas TK, Guru, Guru Pendamping PDBK, Komite Sekolah, Orang tua dan Tenaga Ahli. Tim ini dibentuk untuk mensosialisasikan keberadaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) dengan melibatkan Dinas Pendidikan setempat. 

Pada Layanan Inklusi, partisipasi orang tua sangat berperan penting pada kontribusi untuk peningkatan penguatan kapasitas guru dan orang tua, tindak lanjut orang tua terhadap anak di rumah dengan menghadirkan para ahli yang sesuai dengan kebutuhan orang tua terhadap anak dan hambatan anak. orang tua dan guru mendukung kegiatan studi kasus ke lembaga Layanan Inklusi lainnya dengan melihat langsung kasus-kasus yang sesuai dengan indikasi pada anak masing-masing. Orang tua dan Sekolah bekerjasama dalam pembiayaan kegiatan studi dan menghadirkan tenaga ahli di sekolah, sehingga kegiatan studi kasus dan konsultasi dengan tenaga ahli dapat terlaksana sesuai rencana.

Program Pembelajaran sudah disesuaikan dengan hambatan setiap anak dan mendapatkan akses belajar bersama dengan anak-anak yang lain di dalam kelas yang sama (pada saat anak sudah mulai mandiri).

 

Kolaborasi dengan orang tua serta tenaga ahli, seperti psikolog atau terapis

TK Modern Lina sudah menerapkan konsep PAUD INKLUSIF Kolaborasi dengan orang tua serta tenaga ahli, seperti psikolog atau terapis, juga menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan optimal bagi semua anak. Pada layanan TK dan KB, yang disesuaikan dengan usia anak. TK Modern Lina melakukan beberapa tahapan pada penerimaan anak berkebutuhan khusus yang terdiri dari tiga tahapan :

1. Adanya Identifikasi terhadap anak sesuai dengan Instrumen Jenis Kebutuhan Khususnya

2. Klasifikasi kelas :

a. Kelas  tindakan (guru dan satu anak) link kegiatannya 

Kelas ini merupakan layanan pembelajaran 

Per Individu setiap satu orang guru melakukan proses pembelajaran hanya satu orang anak juga, kelas ini anak belum dapat bergabung dengan teman yang lainnya. Anak ini akan mengikuti kegiatan pembelajaran yang sudah di sesuaikan dengan hambatannya.  Terlihat pada dokumen anak ini sedang dikunjungi oleh bunda PAUD Kabupaten Bireuen, untuk melihat langsung cara pendekatan pembelajaran yang diterapkan di Tk Modern Lina. dukungan yang sangat baik untuk guru dan anak. 

b. Kelas Transisi ( guru dan anak lebih dari satu orang)

c. Kelas dengan anak (belajar bersama/mandiri)

Pada kelas Tindakan dan Transisi, TK Modern Lina memadukan konsep ABA (Applied Behaviour Analysis) Dr. Ivar Lovaas, seorang psikolog asal Norwegia-Amerika tahun 1960-an, program terapi terstruktur yang berfokus mengajarkan seperangkat keterampilan khusus untuk anak-anak dengan autism dengan Visual Art and Speech Therapy yaitu program terapi penggabungan proses pembelajaran dengan media serta seni yang difokuskan pada komunikasi. Picture Exchange Communication System (PECS) Lori Frost pada tahun 1985. PECS yaitu suatu bentuk sistem komunikasi alternatif yang digunakan untuk mengajarkan anak dengan gangguan spektrum autis agar memiliki inisiatif sendiri untuk meminta dengan menggunakan simbol gambar.

 

3. Sistem Pembelajaran yang sama dengan kelas mandiri, berbeda pada tindakan di kelas sesuai dengan klasifikasi hambatan pada anak.

Penyusunan Program Pembelajaran yang telah dilakukan di TK Modern Lina merujuk kepada Permendikbud 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 dan implementasi Kurikulum Merdeka, yang mencakup 5 (lima) aspek perkembangan pada Anak Usia Dini yaitu :

1. Nilai Agama dan Moral

2. Fisik Motorik (kasar dan Halus)

3. Kognitif

4. Bahasa

5. Sosial Emosional

Setiap Anak akan mendapatkan Asesmen setelah melakukan observasi dan diagnosa oleh tenaga ahli yang ditunjuk oleh TK Modern Lina. Data dari Hasil Asesmen tersebut menjadi acuan Guru Pendamping Abk dan Orang tua Data pada Proses Kegiatan Pembelajaran melalui program pembelajaran individual( PPI).  Penggunaan Program pembelajaran individual (PPI) yang telah dilakukan oleh TK Modern Lina memiliki format yang sangat mudah untuk dipahami oleh semua guru walaupun bukan guru pendamping khusus.

 

Para narasumber dari dalam dan luar Negeri yang sepenuhnya partisipasi dari orang tua anak 

Banyak kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TK Modern Lina, bekerjasama dengan Cut Nazwati, S.Psi (Psikolog RS Umum dr. Fauziah Bireuen), dr. Kresno Mulyadi, SpKj (RS OMNI Tangerang Selatan) dan Dr. Norfishah Bt Mat Rabi (Akademisi PDBK UPSI Malaysia). TK Modern Lina rutin melakukan Parenting dengan orang tua yang menghadirkan para narasumber dari dalam dan luar Negeri yang sepenuhnya partisipasi dari orang tua anak berkebutuhan khusus dan anak reguler.

Pada tanggal 3 dan 4 Juli 2021, TK Modern Lina menjadi penggerak Kegiatan Workshop Internasional Anak Berkebutuhan Khusus di Aceh yang melibatkan sekolah dari 7 (tujuh) Kabupaten/kota se Aceh .

Suka duka pada Pembelajaran selama Pademi TK Modern Lina melakukan kegiatan tatap muka dan daring, untuk anak berkebutuhan khusus melalui kunjungan ke rumah dan belajar di sekolah sesuai dengan jadwal serta mengikuti Prokes (surat izin belajar dari orang tua)

 

Hubungan yang di bangun atas dasar kasih sayang dan perhatian, keberhasilan anak Meutuah dapat mencapai potensi dan hidup mandiri

Alhamdulillah dengan layanan yang sudah kami uraikan di atas, program ABK bukan sekedar tugas melainkan panggilan hati, dengan penuh kesabaran dan pengertian yang tinggi dalam memahami berbagai keunikan yang mereka miliki. Dengan hubungan yang di bangun atas dasar kasih sayang dan perhatian kepada semua Anak MEUTUAH merasa di terima dan cintai tanpa adanya perbedaan, ini sangat berdampak positif pada perkembangan mereka seperti perilaku emosional, kemampuan komunikasi dan Aspek lainnya yang di kembangkan sesuai bakat dan minatnya. Dengan pencapaian yang Anak MEUTUAH miliki kami menjadikan ini sebagai praktik baik dengan JUdul Sinar Kejora Anak Meutuah.

Anak- anak meutuah ( anak inklusi) dapat berkembang sesuai minat dan bakatnya dengan pendekatan dan dukungan yang tepat, kerja sama antara guru dan orang tua dan tenaga ahli lainnya sangat penting untuk keberhasilan anak Meutuah dapat mencapai potensi dan hidup mandiri, mereka dapat menemukan sinar kejora yang berarti mereka diterima di lingkungan masyarakat dengan baik. Keberhasilan masa depan yang cerah menjadi salah satu impian atau harapan  orang tua  dari anak – anak Meutuah. Dukungan dari semua pihak setiap tahun kami terus berproses dan terus belajar dan menjadi program tahunan kita seperti tahun ini  kami  studi kasus di februari 2024 kami ke malaysia untuk kasus ke National Autism Society Of Malaysia (NASOM)  dengan biaya dari yayasan dan partisipasi orang tua.

Kerjasama, partisipasi dan dukungan dari semua pihak dapat terus meningkatkan layanan Program PDBK di TK Modern Lina 

Dengan Program peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) yang telah diberikan oleh TK Modern Lina dari tahun 2010 sampai saat ini, telah menerima apresiasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen dan Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Aceh berupa dukungan terhadap kegiatan-kegiatan pada program PDBK. Partisipasi dan dukungan penuh dari orang tua, komite sekolah, Yayasan dan masyarakat di lingkungan sekolah pada kegiatan program PDBK. Semoga kerjasama, partisipasi dan dukungan dari semua pihak dapat terus meningkatkan layanan Program PDBK di TK Modern Lina terus berlanjut. Terima kasih untuk semua yang terlibat pada kegiatan program PDBK, harapan kami agar sudi kiranya TK Modern Lina terus dilibatkan pada kegiatan (event daerah/nasional) yang mendukung program PDBK.

Pengimbasan dengan sekolah yang terdekat merupakan aksi yang sangat sederhana, namun sangat bermakna 

melalui kegiatan IN  HOUSE TRAINING  ada pertemuan dengan sekolah yang terdekat dengan sekolah atau sekolah imbas pada kegiatan gugus PAUD. kami mengajak sekolah atau pendidik lain dengan memberikan pemahaman terlebih dahulu tentang keberagaman inklusivitas pada sekolah masing- masing, dimulai dari mengidentifikasi anak terlebih dahulu melakukan asesmen awal , untuk selanjutnya anak mendapat hasil asesmen dari psikolog agar dapat membuat program pembelajaran yang sesuai dengan hambatannya dan kami siap menjadi sekolah rujukan bagi sekolah yang membutuhkan bantuan kami. Ada beberapa sekolah yang sudah mengirimkan pendidik untuk magang di sekolah kita dan ada juga yang datang membawa anaknya untuk mendapatkan Asesmen dengan psikolog yang ada di sekolah kami.

Kelas orang tua berbagi 

Untuk orang tua adanya kelas orang tua berbagi praktik baik dengan mengajak orang tua menjadi Narasumber pada kegiatan P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melibatkan orang tua untuk menjadi narasumber di kelas anak nya. Dan orang tua berbagi praktik baik pada saat parenting yang kita sebut coffee talk moms and dads

Di kegiatan ini orang tua secara bebas memberikan pendapat nya mengenai perkembangan anaknya dan berbincang santai dengan narasumber yang sudah difasilitasi oleh sekolah, ayah bunda lebih rilek dengan santai bisa berbagi pengalaman dalam pengasuhan anak, baik dari segi bermain , makanan, kegiatan yang mendorong orang tua untuk mau belajar dan tidak lagi malu atau menutup anaknya yang memiliki hambatan.

Saling membantu memberikan semangat, sekolah menjadi rumah kedua selain di rumah, itu tandanya tidak hanya anak tetapi orang tua juga harus senyaman mungkin dengan sekolah. Banyak masukan yang dapat kita ambil dari para orang tua, mereka saling mendukung, rasa peduli yang sangat tinggi setiap anak menjadi tanggung jawabnya bersama, apabila sudah masuk ke lingkungan  sekolah di Tk Modern Lina, sesuai dengan visi dan misi dan tujuan Lembaga satuan kita.

 Aksi Orang tua penggerak 

Tahun ini kita sudah memiliki program terbaik tahun ini yaitu memfasilitasi kumpulan orang tua dari setiap kelas yang akan membantu sekolah untuk mensukseskan program sekolah dengan membentuk orang tua penggerak yang sudah kita SK kan dan dilantik oleh kepala sekolah dan pengawas dari Dinas pendidikan kabupaten Bireuen. Tk Modern Lina sudah menjadi sekolah penggerak angkatan  ke 3, banyak Aksi orang tua dalam mendukung dan mensukseskan program sekolah. Sebelum kegiatan sekolah dimusyawarahkan dulu dengan orang tua penggerak, sehingga para orang tua ini akan memotivasi setiap kelas masing- masing agar orang tua lainnya ikut terlibat dalam setiap aksi sekolah dan orang tua memastikan keamanan, kenyamanan dan menjadi partner dengan wali kelas masing- masing dalam setiap agenda kegiatan sekolah. 

 Aset yang kami miliki adalah mempunyai orang tua hebat, pendidik yang kuat dan anak- anak yang cerdas ceria.semuanya tidak terlepas dari dukungan dinas terkait yang selalu memberikan semangat dan mendukung semua program sekolah Tk Modern lina.

Semoga tulisan ini dapat memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya memahami dan mendukung anak-anak berkebutuhan khusus, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Setiap anak adalah individu yang unik, dengan potensi yang luar biasa, meski mungkin mereka menghadapi tantangan yang berbeda dari anak-anak pada umumnya. Penting bagi kita untuk selalu melihat kekuatan mereka, bukan hanya keterbatasannya.

Melalui pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan mereka, kita dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan penuh kasih sayang, di mana setiap anak, tanpa terkecuali, memiliki kesempatan untuk berkembang dan mencapai potensinya. Dengan dukungan yang tepat, anak-anak berkebutuhan khusus dapat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, percaya diri, dan berkontribusi secara positif kepada masyarakat. Buku ini mengingatkan kita bahwa cinta, kesabaran, dan empati adalah kunci utama dalam merawat dan mendidik mereka.

Salam penuh cinta dari Tk Modern Lina Bireuen. Mari mengenal kami dengan lebih dekaMelalui ig @tkmodernlinabireuenofficial

Dukungan atau kolaborasi orang tua dengan sekolah

  1. Orang tua dilibatkan pada saat penyusunan program pembelajaran individual PPI. apabila perkembangan masih belum terlihat maka kita akan kembali sharing di mana perbaikan.

  2. Selalu menginformasikan apabila adanya pemeriksaan yang dilakukan oleh sekolah. ( pemeriksaan DDTK) melalui media komunikasi Wa group . buku penghubung dan surat persetujuan orang tua ( apabila ada pemberian vaksin terhadap anak). 

  3. Melibatkan orang tau pada setiap kegiatan anak baik kegiatan indoor maupun outdoor.

  4. Orang tua menjadi narasumber pada kegiatan tertentu misalnya praktik baik makanan sehat untuk anak- anak berkebutuhan khusus.

 

Kesetaraan gender pada usia dini 

Taman Kanak – kanak Modern Lina mengajarkan anak-anak untuk saling menghormati dan bekerja sama tanpa memandang perbedaan gender. Anak-anak yang dididik dengan cara ini cenderung memiliki rasa percaya diri yang lebih baik dan mandiri

 Ada beberapa yang sudah di masukan kegiatan mainnya dalam proses pembelajaran adalah

  1. Pengenalan toilet 

Di dalam kelas kita sudah tersedia toilet laki- laki dan perempuan , dan mereka secara baik dan mandiri penggunaan toilet.

  1. Kegiatan bermain peran pada proses pembelajaran anak- anak dengan bebas me

bermain peran di mana anak-anak dapat memilih peran apa pun yang mereka sukai, tanpa batasan gender. Misalnya, anak laki-laki dapat bermain sebagai perawat atau koki, dan anak perempuan bisa bermain sebagai pemimpin ada yang mau menjadi presiden. 

Tampil pada pentas seni dengan peran yang senangi anak.

  1. Bekerja sama atau tim pada saat kegiatan pembelajaran menyelesaikan secara bersama- sama.

Adanya buku KIA

Diawal tahun ajaran baru Tk Modern Lina meminta fotocopy buku KIA setiap anak, buku ini sangat penting bagi sekolah untuk mengetahui tumbuh kembang si anak.

 Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) memiliki peran penting dalam memantau tumbuh kembang anak usia dini, buku KIA mencatat informasi kesehatan anak sejak lahir, termasuk perkembangan fisik, imunisasi, serta pemeriksaan kesehatan rutin. Buku ini memuat berbagai parameter penting seperti berat dan tinggi badan, status gizi, serta perkembangan motorik dan kognitif anak, yang diisi oleh tenaga kesehatan dan orang tua.

Pelayanan DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang) dengan Puskesmas terdekat sekolah dilaksanakan pada saat 3 bulan sekali secara rutin dengan mengajukan surat permohonan ke puskesmas.

  1. Pemeriksaan pertumbuhan anak yang memuat meliputi

  • data berat badan menurut usia

  • tinggi badan menurut usia

  • berat badan menurut tinggi badan

  • lingkar kepala

  1.  Deteksi Perkembangan Anak

Perkembangan anak dapat dilihat secara utuh dalam buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Buku ini juga memuat jadwal imunisasi, gizi, dan tips perawatan kesehatan. Dengan adanya buku KIA, deteksi dini terhadap keterlambatan atau masalah perkembangan anak dapat dilakukan secara lebih sistematis, sehingga intervensi dini dapat segera diberikan untuk memastikan anak berkembang sesuai dengan tahapan usianya. Yang jadwal nya sudah di sesuai dengan program sekolah.

Mari kita mulai dari diri sendiri untuk menciptakan lingkungan yang inklusif 

Mari kita mulai dari langkah kecil, dengan membangun empati, meningkatkan pemahaman, dan menciptakan lingkungan yang lebih inklusif di sekitar kita. Bersama-sama, kita bisa membantu anak-anak berkebutuhan khusus meraih potensi terbaik mereka dan menjadi bagian aktif dalam membangun masa depan yang lebih baik. Para ayah bunda mari kita bersama semua bersatu berperan aktif dalam menciptakan dunia di mana setiap anak, tanpa terkecuali, dapat tumbuh, belajar, dan meraih masa depan yang cerah. Karena pada akhirnya, perbedaan adalah kekuatan, dan inklusi adalah kunci untuk membangun masyarakat yang lebih baik. Mari kita mulai dari diri sendiri untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Bersama, kita bisa membuat perubahan nyata. Setiap anak berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang, belajar, dan berpartisipasi dalam masyarakat. Dengan memahami kebutuhan mereka, memberikan dukungan yang tepat, dan membangun empati, kita dapat membantu mereka meraih potensi terbaik. Saatnya kita bergerak, tergerak dan menggerakkan, membangun dunia yang lebih peduli dan ramah bagi semua anak

 Salam ceria dari Tk Modern Lina Bireuen.